Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu Semarang – Saat berada di kota Semarang, jangan lupa untuk mampir ke tempat bersejarah sekaligus sering dijadikan sebagai lokasi syuting. Ciri khas bangunannya yang memiliki banyak pintu dengan jendela yang lebar dan tinggi inilah yang membuatnya dikenal dengan nama Lawang Sewu (= Jawa) yang artinya seribu pintu.

Spot Foto Di Lawang Sewu Semarang

Walau terkenal angker, tempat wisata yang satu ini sering dijadikan background untuk foto pre-wedding. Banyak spot foto menarik yang bisa Anda pamerkan di media sosial ketika berada di Lawang Sewu. Bahkan, banyak juga wisatawan yang sengaja mengunjungi lokasi ini karena tertarik dengan spot foto yang ada di sekitar Lawang Sewu. Spot foto incaran wisatawan tersebut diantaranya adalah:

1. Barisan Pintu

Walau tidak berjumlah seribu, namun spot foto dengan barisan pintu yang berjajar rapi ini sangat digemari oleh wisatawan. Terutama siang hari, ketika semua pintu dan jendela akan dibiarkan terbuka. Saat di foto, semua pintu akan terlihat simetris karena setiap penghubung pintunya berada di posisi yang sama. Sekilas, pintu-pintu tersebut akan tampak seperti bayangan tanpa ujung karena ukuran dan bentuknya yang sama.

2. Lorong

Spot foto kedua berada tidak jauh dari lokasi pintu Lawang Sewu. Anda bisa mengambil foto di lorong sepanjang teras Lawang Sewu. Seperti halnya pintu kayunya, lorong ini juga memiliki sudut yang simetris ketika dibidik dari kamera.

3. Jendela Dengan Kaca Patri

Spot foto incaran para wisatawan saat berada di Lawang Sewu Semarang adalah jendela dengan mozaik kaca patri. Lokasinya terletak di lantai dua gedung A yang merupakan bangunan utama. Kaca patri ini terbuat dari balutan dinding marmer dan granit yang menggambarkan simbol-simbol tertentu.

Diantaranya adalah simbol Dewi Venus dan Dewi Fortuna, Simbol Kerajaan Belanda, Kota Rotterdam, dan Kota Amsterdam. Selain itu, jendela kaca ini juga berisi tentang kisah Lawang Sewu yang dulu dimanfaatkan sebagai kantor perusahaan kereta api pada zaman kolonial Belanda.

Untuk bisa mendapatkan hasil foto yang bagus, Anda harus berusaha sedikit keras. Sebab, ada kemungkinan hasil fotonya terlihat sedikit gelap. Hal ini disebabkan karena minimnya sinar matahari yang masuk ke area tersebut.

Baca juga: Oleh oleh khas Bogor

4. Halaman Tengah Lawang Sewu

Selain jendela mozaik kaca, halaman tengah Lawang Sewu juga jadi incaran para wisatawan. Dari halaman ini Anda akan mendapatkan pemandangan yang menakjubkan dengan beberapa spot foto yang cantik. Diantaranya adalah keindahan Lawang Sewu dari dalam, pohon-pohon yang berjajar rapi, dan sudut bangunan menara kaca yang dikelilingi oleh jendela yang berjajar dengan rapi.

5. Ornamen Bangunan

Karena keunikannya, pihak pengelola Lawang Sewu Semarang mempertahankan ornamen bangunan sesuai dengan bentuk aslinya. Anda bisa selfie dengan spot foto tangga besi ukiran berbentuk spiral atau foto dengan menampakkan lantai marmer dan dinding kayu jati yang antik.

6. Menara

Untuk spot foto yang memukau dan cantik, Anda bisa memilih spot foto dengan latar berupa menara. Di bagian puncaknya, terdapat atap yang berbentuk kerucut atau conical yang terbuat dari pelat tembaga dan dengan hiasan perunggu yang cantik.

7. Ruang atas Lawang Sewu

Spot foto yang terakhir berada di ruangan paling atas di lantai tiga. Namun, untuk bisa selfie di ruangan ini Anda harus meminta izin terlebih dahulu kepada pihak pengelola. Biasanya, ruangan yang satu ini sering dijadikan spot foto bersama dan foto pre-wedding bagi pasangan yang hendak menikah.

Lawang Sewu Semarang telah melakukan renovasi dengan mempertahankan bentuk aslinya. Saat ini para wisatawan bisa menikmatinya sebagai salah satu tempat wisata bersejarah dengan banyak spot foto cantik yang jadi incaran para wisatawan.